Home / RPL / Perguruan Tinggi Penyelenggara RPL di Jawa Barat

Perguruan Tinggi Penyelenggara RPL di Jawa Barat

Perguruan tinggi yang ditunjuk untuk menyelenggarakan RPL adalah yang menyelenggarakan program studi farmasi setara diploma 3 (D3) dengan minimal akreditasi B. Perguruan tinggi penyelenggara selanjutnya terbagi menjadi 3 kategori, yaitu :

  1. Rayon
  2. Subrayon
  3. Mitra

Pembagian kategori di sesuaikan dengan wilayah dan kapasitas perguruan tinggi. Untuk wilayah Jawa Barat yang ditunjuk sebagai penyelenggara adalah 4 PT, yaitu :

  1. Poltekes Kemenkes Bandung
  2. Poltekes TNI AU Ciumbuleuit Bandung
  3. Sekolah Tinggi Farmasi Bandung (STFB)
  4. Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI)

semuanya dalam kategori subrayon yang berada dibawah Poltekes Kemenkes  Jakarta II sebagai Rayon.

Namun karena STFI tidak menyelenggarakan progam diploma 3 maka untuk sementara ada 3 PT yang akan menyelenggarkan program RPL di Jawa Barat.

Menghitung jumlah kapasitas atau daya tampung mahasiswa dibandingkan dengan jumlah calon peserta, kemungkinan besar tidak semua calon peserta program RPL Farmasi di Jawa Barat dapat dimasukkan dalam gelombang 1. Dengan asumsi tiap PT menerima 60 orang, maka kapasitas mahasiswa adalah 180 orang, sedangkan calon peserta menurut data BKN tahun 2015 tenaga Farmasi dibawah D3 di Jawa Barat berjumlah 612 orang. Namun data ini baru perkiraan kami bukan data yang dikeluarkan oleh departemen terkait.

Pelaksanakan perkuliahan dimulai bulan September 2017, sedangkan gelombang 2 akan diselenggarakan pada semester berikutnya, atau bulan Februari 2017.

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment